Tahun Ajaran 2021 / 2022 sudah semakin dekat. Bagi para calon mahasiswa / mahasiswi khususnya lulusan SMA / SMK / Sederajat yang masih galau dan belum menentukan pilihan tetapi ingin kuliah dengan mengambil program studi kebidanan ataupun farmasi, STIKes Muhammadiyah Cirebon sedang membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang 2 periode 01 Maret s/d 31 Mei 2021. Selain itu, STIKes Muhammadiyah Cirebon juga membuka untuk program profesi bidan bagi para lulusan S1 kebidanan yang ingin mengambil kuliah profesi.

STIKes Muhammadiyah Cirebon merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang berawal dari Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon. Setelah berubah bentuk, saat ini STIKes Muhammadiyah Cirebon memiliki 3 program studi antara lain S1 Kebidanan, S1, Farmasi, dan Profesi Bidan. Bagi para calon mahasiswa / mahasiswi pasti pada penasaran kan.. kan.. kan.. fasilitas dan keunggulan lainnya yang ada di STIKes Muhammadiyah Cirebon? Yuk, kita bahas fasilitas dan keunggulan dari STIKes Muhammadiyah Cirebon.

  1. Pendidikan

          (Sumber : Suara Muhammadiyah)

STIKes Muhammadiyah Cirebon merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah dibawah Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah yang berdiri sejak tahun 2006 dengan Akreditasi B dari BAN-PT. Menurut Pengamat Indonesia dari Boston University, Robert W. Hefner, “Muhammadiyah merupakan satu-satunya organisasi di dunia ini yang mampu menjalankan amal sosial dan amal agamis yang menjadi model bagi seluruh dunia, tidak hanya bagi kalangan muslim,” tutur Hefner yang akrab dipanggil Pak Bob. Muhammadiyah dinilai telah memberi sumbangan sangat penting bagi Indonesia dan dunia. Hefner memiliki argumentasi yang kuat ketika menyebut Muhammadiyah paling berperan dalam pendidikan modern di Indonesia. Muhammadiyah berhasil memadukan tradisi pendidikan agama tradisional dengan sistem pendidikan modern ala Barat. Dari sini, lahir buah pendidikan yang luar biasa, meskipun sebelumnya Indonesia tidak punya tradisi madrasah sebagaimana di negara-negara muslim lainnya. Peranan Muhammadiyah yang sejak awal terlibat dalam pendidikan dianggap sebagai langkah yang tepat. Pendidikan telah melahirkan buah yang meluas ke berbagai bidang. Termasuk dalam bidang kesehatan seperti pendirian Rumah Sakit, menurut Hefner, juga merupakan hasil dari pendidikan. Organisasi semisal ini hampir tidak ditemukan di negara muslim lainnya. (Sumber : Suara Muhammadiyah)

  1. Fasilitas

Foto : Gedung Lab Kebidanan

Foto : Klinik Pratama Akbid Muhammadiyah

Foto : Asrama

STIkes Muhammadiyah Cirebon juga memiliki fasilitas yang beragam lho, antara lain :

  1. Laboratorium klinik yang sesuai standar.
  2. Laboratorium Biologi, Kimia, Teknologi, Farmakologi, dan Klinis yang didukung oleh peralatan yang terbaik.
  3. Klinik Pratama Akbid Muhammadiyah sebagai sarana pelayanan kesehatan bagi civitas akademika dan masyarakat umum.
  4. Laboratorium Komputer dan Hotspot Area.
  5. Asrama Putri.
  1. Dosen

Dosen – dosen yang mengajar di STIKes Muhammadiyah Cirebon profesional dan berpengalaman dalam pelayanan pendidikan dan pelatihan.

  1. Persyaratan dan Potongan Biaya

Bagi para calon mahasiswa / mahasiswi lulusan SMA / SMK / Sederajat yang ingin mengambil program studi S1 Kebidanan dan S1 Farmasi tidak usah khawatir untuk mendaftar di STIKes Muhammadiyah Cirebon karena terbuka untuk semua jurusan baik IPA, IPS atau apapun. Selain itu, terdapat potongan biaya bagi 50 pendaftar pertama, bagi lulusan SMA / SMK Muhammadiyah, bagi hafiz Qur’an ataupun prestasi. Teman – teman juga tidak perlu khawatir karena masih ada beasiswa yang siap menanti.

  1. Lokasi

Lokasi STIKes Muhammadiyah Cirebon sangat strategis karena dekat dengan terminal, pasar, rumah sakit, puskesmas, mall, dan akses jalan yang dilewati transportasi umum.

Jadi, bagi para calon mahasiswa / mahasiswi segera daftar di STIKes Muhammadiyah Cirebon karena pendaftaran gelombang 2 sudah dibuka. Informasi persyaratan dapat dilihat disini atau dapat menghubungi bagian informasi melalui Whatsapp dengan nomor telepon 089662448212 dan untuk pendaftaran bisa mendatangi langsung ke lokasi yang beralamat di Jl. Kalitanjung Timur No. 14/18 A Kel/Kec. Harjamukti Kota Cirebon atau mendaftar secara online klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *