Tepat tanggal 21 April 2021 bangsa Indonesia memperingati hari kartini. Dimana, Kartini merupakan sosok yang sangat inspiratif khususnya bagi kaum perempuan Indonesia karena atas perjuangannya untuk menyamakan derajat antara laki – laki dan perempuan, bahwa setiap perempuan berhak untuk mendapatkan pendidikan. Hal tersebut lebih kita kenal dengan emansipasi.

Pada zaman itu, perempuan tidak diperbolehkan mendapatkan pendidikan. Hanya perempuan bangsawan yang berhak mendapatkan pendidikan. Tapi, Kartini beruntung karena berasal dari keluarga bangsawan. Akan tetapi, karena budaya turun – temurun yang menempatkan perempuan di posisi pasif dalam kehidupan. Dilansir dari kompas.com 21 April 2021, Kartini hanya memperoleh pendidikan hingga berusia 12 tahun. Karena menurut tradisi Jawa, anak perempuan harus tinggal dirumah sejak usia 12 tahun hingga menikah. Kartini sangat memperhatikan kaumnya dan ingin mendapatkan hak yang sederajat dengan laki – laki dalam hal pendidikan. Setelah menikah, Kartini berusaha memanfaatkan diri untuk belajar sendiri. Atas perjuangan dan kerja kerasnya tersebut, Kartini berhasil mendirikan Sekolah Kartini di Semarang pada tahun 1912. Kemudian sekolah juga didirikan di beberapa kota di Indonesia antara lain Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan daerah lainnya. (Sumber: kompas.com)

Beralih pada kondisi sekarang yang masih dalam masa pandemi virus Covid-19 yang tentunya keadaan menjadi semakin susah baik dalam bidang pendidikan maupun bidang lainnya. Dalam kondisi seperti sekarang ini, kita harus tetep semangat dan terus berjuang jangan mudah menyerah dengan keadaan. Ingat! perjuangan Kartini jauh lebih sulit dari perjuangan kita saat ini. “Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu”. – R.A. Kartini –

Selamat Hari Kartini (21 April 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *