LOGO STIKES MUHAMMADIYAH CIREBON PNG 500

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Cirebon

PROGRAM STUDI

D3 Kebidanan

> Profile Lulusan

Profil Lulusan Diploma III Kebidanan telah ditetapkan yaitu sebagai Pemberi Asuhan Kebidanan/ Care Provider yang berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan pada masa kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi dan balita pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan kesehatan (IBI dan AIPKIND 2016).

Bdn. Eka Ratnasari, S.S.T., M.Keb (Kaprodi D3 Kebidanan)

S1 Farmasi

> Profile Lulusan

Profil lulusan program studi S1 Farmasi Stikes Muhammadiyah Cirebon mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 51 tahun 2009 yang menyatakan bahwa lulusan S1 Farmasi akan berperan sebagai tenaga teknis kefarmasiaan yang mampu menjalankan pekerjaan kefarmasian yaitu: pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelaynan obat atas resep dokter,pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional. Selain itu profil lulusan program studi S1 farmasi harus dapat berperan sebagaimana yang telah digariskan oleh WHO (World Health Organization) yang dikenal dengan istilah Eight Star Pharmacist yang meliputi:

  1. Care giver, farmasi sebagai pemberi layanan dalam bentuk pelayanan klinis,analitis,teknis, sesuai peraturan perundang-undangan.
  2. Decision maker, Farmasisi sebagai pengambil keputusan.
  3. Communicator, Farmasis harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang cukup baik dengan pasien, teman sejawat maupun profesi kesehatan lain.
  4. Leader, Farmasis diharapkan memiliki kemampuan sebagai pemimpin.
  5. Manager, Farmasis harus selektif dalam mengelola sumber daya (manusia,fisik,anggran) dan informasi, juga harus dapat dipimpin dan memimpin orang lain dalam tim kesehatan.
  6. Life long leaner, Farmasis harus selalu melakukan up date keilmuan sejalan dengan perkembangan ipteks.
  7. Teacher, Farmasis mempunyai tanggung jawab untuk mendidik dan melatih Farmasis generasi mendatang ataupun masyarakat dalam bidang kesehatan.
  8. Reseacher, Farmasis diharapkan mampu melakukan dan mengembangkan penelitian dalam bidang kesehatan.

Acuan ketiga untuk merumuskan profil lulusan adalah tujuan pendidikan Stikes Muhammadiyah Cirebon yaitu:

  1. Mendidik peserta didik untuk menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, yang mempunyai kemampuan akademik,profesional dan beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebener-benarnya.
  2. Membuat peserta didik menjadi kader pemimpin yang berkepribadian Muhammadiyah.

Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Berdasarkan ketiga hal tersebut, maka profil lulusan program studi S1 Farmasi Stikes Muhammadiyah Cirebon dirumuskan sebagai:Farmasis yang menjalankan peran eight star pharmacist yang berjiwa Muhammadiyah.

S1 Kebidanan & Profesi Bidan

> Profile Lulusan
  1. Menghasilkan lulusan bidan yang beriman, bertaqwa, profesional dan islami yang memiliki kompetensi dalam bidang kesehatan dan sanggup bekerja pada lembaga pemerintah maupun di instansi swasta lainnya.
  2. Menghasilkan riset, Karya Ilmiah, dan hasil pengabdian kepada masyarakat dibidang kebidanan sesuai dengan IPTEKS dan Evidance Based terkini yang berorientasi pada pengembangan kesehatan reproduksi dengan pendekatan komplementer untuk dimanfaatkan bagi ilmu, pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat
  3. Menghasikan lulusan yang mampu menjadi agent of change. Pemberi pelayanan prima dalam tatanan asuhan pelayanan kebidanan kesehatan reproduksi dengan pendekatan komplementer
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan profesi, berfikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan strategis dalam penigkatan kesehatan ibu dan anak.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaktualisasi prinsip dan nilai islami sebagai kader persyarikatan dalam memberikan asuhan kebidanan, sebagai penggerak masyarakat dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.
  6. Menghasilkan kerjasama untuk pengembangan institusi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ditingkat regional, nasional dan internasional untuk mewujudkan visi dan misi dan menunjang kualitas kompetensi lulusan.
Hubungi Kami
Alamat : Jl. Kalitanjung No.14 - 18 A, Harjamukti, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45143
(0231) 490677
info@stikesmuhcrb.ac.id
Informasi dan Layanan
Media Sosial
Copyright 2022 STIKes Muhammadiyah Cirebon | All Rights Reserved