VISI

Menjadi Program Studi Sarjana dan Profesi  Kebidanan terkemuka di Provinsi Jawa Barat  yang menghasilkan Bidan professional dan Islami  unggul dalam Asuhan Kesehatan Reproduksi & Asuhan Kebidanan Komunitas  Komprehensif  dengan pendekatan secara Holistik  pada tahun  2029.

MAKNA DARI VISI

  1. Professional : Memiliki pengetahuan Umum dan Khusus, kemampuan , sikap yang mampu bersaing dengan tenaga kesehatan lainnya dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan pengguna pelayanan kesehatan serta memiliki keunggulan dalam asuhan kesehatan reproduksi dan asuhan kebidanan komunitas secara komprehensif dan holistic.
  2. Islami : dalam proses pendidikan mampu menunjukkan sikap religious, dalam menjalankan praktik kebidanan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan , menerapkan nilai-nilai akhlah yang mulia, berdasarkan agama, moral, filosofi , kode etik profesi dan strandar praktik kebidanan sehingga menghasilkan bidan sebagai role model dan Dai’ah.
  3. Pemberi Asuhan Kesehatan Reproduksi : Dalam menjalankan praktik dapat melakukan upaya promotif dan preventif pada IMS, HIV, AIDS, komplikasi abortus, infertilitas, kanker saluran reproduksi dan asuhan sepanjang siklus kehidupan dari konsepsi, bayi dan balita, anak, remaja, usia subur dan lansia  guna meningkatkan derajat kesehatan.   .
  4. Pemberi Asuhan kebidanan Komunitas : mewujudkan kesehatan keluarga dengan melalukan asuhan  komunitas dalam menekan kelompok risiko tinggi untuk mencapai derajat kesehatan dengan melibatkan klien sebagai mitra  melalui perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pelayanan kebidanan.
  5. Komprehensif : pemberi asuhan melakukan interprofesional education (IPE) untuk mencapai asuhan  dengan mellibatkan  kerjasama dan kolaborasi pada berbagai bidang ilmu  dalam  penanganan ibu dan bayi yang berkelanjutan mulai dari bayi didalam kandungan sampai setelah melahirkan  dengan upaya promotif,, preventif , kuratif dan rehabilitative.
  6. Holistik : asuhan yang mengedepankan pada berbagai pendekatan dengan memperhatikan aspek biologis, psikologis, social, kultural, spiritual sesuai kebutuhan pasien.

 

MISI

  1. Melaksanakan Pendidikan Sarjana & Profesi Kebidanan sesuai standar pendidikan tinggi terintegrasi dengan nilai- nilai islam berkemajuan.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam asuhan Kesehatan Reproduksi dan asuhan kebidanan Komunitas secara  Komprehensif & Holistik.
  3. Melaksanaan kerjasama lintas sector dan lintas program dalam ruang lingkup kebidanan ditingkat nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan Ibu , Anak & Kesehatan reproduksi di Klinik Pratama Akbid Muhammadiyah Cirebon.
  5. Menciptakan kelompok belajar yang memiliki kemampuan kritis pada masalah masalah dikomunitas secara komprehensif dan Holistik.
  6. Melaksanakan pembinaan & Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang bidan yang beriman, bertakwa, profesional dan islami yang memiliki kompetensi dalam bidang kesehatan dan sanggup bekerja pada lembaga pemerintah maupun di instansi swasta lainnya.
  2. Menghasilkan Riset , Karya Ilmiah, dan hasil pengabdian kepada masyarakat di bidang kebidanan sesuai dengan IPTEKS dan Evidance Based terkini yang berorientasi pada pengembangan kesehatan reproduksi dan asuhan kebidanan komunitas secara komprehensif dan holistic untuk dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu , pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Menghasilkan Kerjasama untuk pengembangan institusi dalam bidang pendidikan ,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  ditingkat regional, nasional dan internasional untuk mewujudkan visi dan misi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi agent of change dan pemberi pelayanan prima dalam tatanan asuhan pelayanan kebidanan komprehensif sepanjang siklus reproduksi di tatanan komunitas secara holistic.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan profesi , berfikir logis, kritis , sistematis, kreatif dan strategis dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaktualisasi prinsip dan nilai islami dalam memberikan asuhan kebidanan , sebagai penggerak masyarakat dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

 

NILAI

Seluruh civitas akademika terlibat dalam penyelenggaraan program studi dengan memegang teguh nilai-nilai :

MUSLIMAH

  1. M : Memuaskan pelanggan dalam memberi asuhan (service Excellent) / Pelayanan Prima
  2. U : Unggul dalam asuhan kesehatan reproduksi dan Kebidanan komunitas
  3. S  : Salam, senyum, sapa, sopan, santun, sentuh , segara (7S)
  4. L : Leader (penggerak dan pemberdaya masyarakat )
  5. I  : Islami dalam memberi asuhan & Inovatif dalam pengembangan profesi bidan
  6. M : Mematuhi Kode Etik Profesi dan standar pelayanan kebidanan
  7. A : Amanah dalam menjalankan tugas profesi
  8. H : Holistik care dalam memberikan asuhan kebidanan